Entri Populer

Selasa, 25 Oktober 2011

Dinamika Sabuk Hitam Karate


Ternyata Sabuk Hitam Karatesejatinya itu hanya bersifat sementara/temporer bukan statis/tetap, ketika setiap orang tidak bisa lagi mempertahankan lagi kekonsistenan latihannya, tidak disiplin, tidak meningkatkan dan mengembangkan teknik dan kualitas dalam latihannya sesuai standar sabuk Hitammaka sebenarnya orang itu tidak layak lagi memakaiSabuk Hitam alias dia seharusnya menurunkan tingkatan sabuknya  menjadi lebih rendah seperti sabuk coklat,biru atau bahkan hijau. Hal itulah paling tidak yang akan dijelaskan oleh seorang Pelatih Karate bernama Jesse dibawah ini.

Beberapa waktu yang lalu, kami menerima panggilan telepon dari dojo.

Telepon itu datang dari seseorang yang pernah berlatih Karate (dahulu sudah lama sekali), dan sekarang ingin melanjutkan kembali latihannya. Jelas, suatu tempat di sepanjang jalan karirnya, istri dan anak-anaknya datang, Karateditinggalkan dan disisihkan. Tapi sekarang dia siap rock 'n roll lagi!

"Tentu, mengapa tidak? Tidak ada masalah sama sekali, datang saja ke dojo ketika ada pelajaran di kelas. Anda bisa memakai pakaian biasa jika baju karategi lama Anda tidak cocok "kataku..

Tapi ... walau aku tidak punya masalah dengan apa pun yang dikatakannya, tampaknya dia punya masalah dengan apa yang saya katakan.

Mendengarkan
"Oh, tapi ... dapatkah saya memakai sabuk biru saya lagi?"
"Apa anda bilang?"
Percakapan Membeku

Pada titik ini aku bertanya-tanya apakah aku salah dengar, atau saya harus memeriksa telingaku. Rupanya, kawan kita ini tidak menjalani latihan karate lagi 'selama 10 + tahun, terasa seperti muncul untuk sesi pertamanya mengenakan sabuk biru. Sebuah ledakan yang nyata dari masa lalu.
Sama seperti keterampilan dia yang sebenarnya tidak sepenting keterampilan yang dirasakan.
"Umm ... yah ... tentu saja, Anda dapat memakai apapun yang Anda rasa suka" Aku ragu-ragu menjawab. "Tapi nanti kita akan menganggap Anda ingat segalanya tentang semua pelajaran/materi sabuk biru, tentu saja."

Aku bisa mendengar wajahnya memerah.

Bahwa jenis makhluk itu. Sungguh, aku akan ingin mengatakan: "Hei, kamu tahu gak? Saya punya ide yang lebih baik: Kenapa tidak kau pakai saja sabuk hitam saya? Tentu, ini agak usang, tapi itu sekedar menambah blackbeltness saja! Dan dalam sabuk itu telah bertuliskan "Jesse" di atasnya, tetapi Anda bisa saja menggoresnya dan pergi. Apa sih, Anda kemungkinan dapat order khusus berupa sabuk emas dengan garis-garis merah dan dibuat dengan meriam laser yang dibeli dari internet dan memakainya bukan! "

Sungguh, aku tak peduli.

Rupanya ia membawa istrinya bersamanya, sehingga kemungkinan inilah masalah orang ini.

Tapi bagaimanapun juga, sepertinya kita punya masalah di sini.

Karena ini bukan pertama kalinya orang seperti itu kembali untuk berlatihKarate,
mengenakan sabuk lamanya yang berkeringat (meskipun orang seperti ini belum muncul). Jauh dari itu. Kami sudah sabuk coklat dan bahkan sabuk hitam dengan pertanyaan yang sama persis.

Masalahnya, saya kira, terletak pada kenyataan bahwa banyak orang berpikir bahwa sabuk Karate adalah simbol statis tingkat keahlian seseorang, dan setelah Anda "menerima" sabuk itu menjadi hak milik Anda untuk selamanya. Dan, jika seseorang berkata yang berbeda, mereka cuma hanya tinggal merobek sabuk dari mayat Anda yang dingin, dan kaku.


Ini seperti, "Siapa yang berani bertanya tentang rangking/peringkat saya?!"

Saya lakukan.

Karena itu tidak statis.

Ini dinamis.
Sabuk hitam anda (sabuk coklat, sabuk biru, sabuk hijau ...) sama dinamisnya dengan tiga emas Usain Bolt's medali Olimpiade, yang mungkin berada dalam loker di bawah sepasang kaus kaki kotor di suatu tempat di Jamaika.

Dan meskipun Mr Bolt terjadi terus untuk mempertahankan 100m, 200m dan 4 x 100 m rekor dunia, ia kalah dalam lomba terakhir.

Hilang.

Bayangkan jika ia akan memanggil orang-orang di komite Olimpiade, menanyakan apakah dia bisa "memakai medali yang lama" di Olimpiade berikutnya.

Dia tidak bisa.

Karena dia tahu benda itu tidak statis.

Sabuk hitam, sabuk atau sabuk lainnya / peringkat, adalah seperti sebuah medali Olimpiade. Anda melatih sangat keras selama bertahun-tahun, tingkatan, melakukan yang terbaik, menumpahkan darah dan mendapatkannya. Ini adalah pengukuran suatu tingkatan yang Anda perlihatkan pada suatu kesempatan (grading / ras Olimpiade), di masa lalu. Tidak sekarang. Terserah kepada Anda untuk menjaga tingkat itu.

Untuk mempercayai bahwa sabuk karate adalah statis, tetap, simbol tingkat keahlian Anda saat ini dapat disamakan/dianalogikan dengan seorang pensiunan tua perwira militer yang berjalan dengan rasa bangga dengan Medali Kehormatannya di sekitar acara reuni militer,dengan maksud untuk membual kepada teman lamanya.

Kita melihat medali, dan mengakui itu apa adanya.

Sebuah merit tua.

Petugas berambut abu-abu memakainya untuk mengingatkan semua orang di reuni itu bahwa ia pernah melakukan perbuatan heroik "di atas dan melampaui panggilan tugasnya", dan memiliki potensi dalam dirinya untuk melakukannya lagi di lain kesempatan, jika dirasa perlu. Dia tidak perlu membuktikan apa-apa lagi. Dia tidak dalam perang lagi, jadi dia tidak perlu kembali ke atas/panggilan tugas.
.
Tapi kita perlu dan butuh.

Terus-menerus.

Karena kau tidak akan pernah lebih baik daripada teknikmu yang terakhir. Dan jika Anda berlatih di dojo saya, teknik yang lebih baik sesuai dengan sepotong kain (sabuk) yang tergantung di pinggang Anda.

Atau Anda bingung karena dojo ini hanya untuk reuni militer.

Maksudku, bahkan di beberapa pedesaan Okinawa beberapa Grand Master lama pemegang Dan 10 seperti hanshi dudes yang berlatih seperti orang gila (CRAZY)! Mereka tidak menutupi apa pun dengan garis dangkal seperti "Maaf, belalang muda, aku tidak bisa menunjukkan teknik ini karena terlalu mematikan / Anda belum siap / Anda tidak membayar saya cukup / bintang-bintang dan planet tidak selaras dengan benar ".

Tidak, tidak sama sekali. Sebaliknya, motherlovers ini ol 'regularely terus berdemonstrasi, di kamp-kamp dan seminar- seminar di manasaja (bahkan internasional), dengan senang hati melakukan seribu pukulan shiko-Dachi dengan Anda hanya untuk bersenang-senang. Dan kebanyakan dari mereka di tempat2 itu adalah yang berumur antara 65 dan 75 tahun.

Singkatnya, mereka selalu memback up ikat pinggang mereka.

Bandingkan bahwa kebanyakan dari Grand Master Barat Modern pemegang Dan 10 hanshi-Soke-elit-dudes yang mungkin belum selesai melakukan Kata tunggal berkecepatan penuh atau gerakan membela diri (aku bicara bahwa "ikken hissatsu ", membunuh-atau- dibunuh shiet di sini) semenjak mereka mendapatkan sabuk Hitam pertama mereka.

Dan itu 30 tahun yang lalu.

Pada kenyataannya, mereka berjalan dengan penuh kebanggaan mewakili umur mereka yang 30 tahun lebih muda.

Bagaimana tidak menariknya hal itu?
Tapi mari kita lupakan hal2 yang sedih untuk saat ini (yang tidak eksklusif untuk dunia Barat, pikiran Anda), dan biarkan aku hanya menceritakan secara singkat tentang anggota dojo kami yang benar-benar membuat saya terkesan belakangan ini. Mari kita memanggilnya Ted.

Ted, yang dapat dengan mudah dikira sebagai orang asing, tinggi gelap, tampan berusia akhir dua puluhan, baru-baru ini mendatangi saya sebelum kelas akan dimulai, dan meminta izin untuk – dengarkan lebih dekat sini - memakai sabuk cokelat. "Apa yang begitu spesial tentang itu?", Anda bertanya-tanya. Yah, tidak ada ...

Kecuali kenyataan bahwa Ted benar-benar seorang pemegang sabuk hitam.

Ted, dalam kata-katanya sendiri, merasa seperti dia "tidak bisa menegakkan standar sabuk hitam lagi" dan dengan rendah hati meminta izin untuk mendegradasi dirinya sendiri (!), ini hanya untuk sementara, sampai ia merasa keterampilannya sesuai dengan sabuk hitamnya lagi.

Akhir-akhir ini, ia merasa seperti sabuk cokelat, tampaknya.

Setelah hampir tersandung pada rahang saya (yang sedang berbaring di suatu tempat di lantai), saya mengatakan kepadanya bahwa dia benar-benar tidak perlu. Dia telah dianugerahkan sabuk hitam karena suatu alasan, dan harus menjadi tujuan untuk mendorong dirinya setiap sesi latihan sampai batassabuk hitam, yang menunjukkan warna yang sebenarnya. Bahkan, beberapa guru mungkin tidak setuju jika siswa mereka hanya "menurunkan" sendiri seperti itu, karena hal itu menunjukkan bahwa gurunya telah menunjukkan penilaian buruk ketika memberikan/menghadiahkan sabuk hitam kepada siswanya.

Tapi ia memiliki semua itu.

Ted mengenakan sabuk cokelat selama hampir sebulan. Dan jangan katakan padaku bahwa itu bukan suatu titik pandang menyegarkan.

Bahkan, Ted sempurna mencakup apa yang disebut orang beberapa minggu lalu (meminta untuk mengenakan sabuk biru) sama sekali gagal untuk memahami.

sabuk Anda tidak statis.
 
Ini adalah dinamis.

Dan sebaiknya Anda bersiap-siap kembali ke atas - tanpa memperhitungkan usia Anda, etnis, gender atau kelas.

"Kejujuran adalah bab pertama dalam buku kebijaksanaan."

-Thomas Jefferson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar